Rilis pada 6 Januari 2024

6 Alasan Menggunakan Jasa Perawat Lansia

jasa perawat lansia

Memiliki anggota keluarga yang memasuki usia lanjut perlu diakui bukanlah hal yang mudah. Kondisi ini sering kali membutuhkan perhatian lebih, namun di saat yang bersamaan anggota keluarga lainnya pun memiliki tanggung jawab dan kesibukan lainnya sehingga tidak selalu bisa ada di rumah.

Nah, pada kondisi seperti ini, jasa perawat lansia adalah solusi yang dapat digunakan, seperti Caretaker.id contohnya. Dengan perawat lansia yang siap untuk berjaga dan merawat di rumah setiap saat, banyak manfaat yang bisa Anda rasakan.

Baca Juga: Begini Cara Perawatan Penyakit Parkinson Pada Lansia

1. Perawatan Profesional Sesuai Kebutuhan

Kesehatan lansia seringkali lebih rapuh dan membutuhkan perhatian khusus. Perawat lansia terlatih untuk menangani kebutuhan medis seperti mengatur obat, memeriksa tekanan darah, hingga memberikan pertolongan pertama. Mereka juga seringkali dilatih untuk mengenali tanda-tanda awal dari kondisi kesehatan yang memburuk.

2. Mendampingi Aktivitas Harian

Beberapa lansia mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi, berpakaian, atau makan. Perawat lansia memiliki keahlian untuk membantu dalam hal ini, memastikan bahwa kebutuhan dasar mereka terpenuhi dengan cara yang menghormati martabat dan kemandirian mereka.

Menurut Care Partners, dengan bantuan ini, lansia masih tetap bisa mempertahankan kemandirian mereka hingga level tertentu tanpa membiarkan mereka kesulitan.

3. Menghindari Kesepian

Kesepian bisa menjadi musuh besar bagi lansia.  

Mengutip Welbi, kesepian bisa berdampak besar bagi kesehatan lansia. Sebuah studi menunjukkan bahwa ada risiko penyakit fisik dan mental yang 59% lebih tinggi akibat kesepian. Terlebih lagi, risiko kematian juga 45% lebih tinggi. Jika diibaratkan, kesepian sama buruknya dengan merokok 15 batang sehari atau mengonsumsi alkohol berlebihan.

Oleh karena itu, punya perawat lansia di rumah bisa jadi bermanfaat. Perawat lansia tidak hanya ada untuk kebutuhan fisik, tapi juga untuk memberikan dukungan emosional. Mereka bisa menjadi teman berbicara, mendengarkan cerita, atau sekadar menemani menonton televisi. Interaksi sosial ini sangat penting untuk kesehatan mental lansia.

4. Ketenteraman Pikiran untuk Keluarga

Tentu saja, perawat lansia di rumah bukan hanya bermanfaat bagi lansia tetapi juga untuk anggota keluarga lainnya.

Bagi keluarga yang sibuk atau tinggal jauh dari orang tua mereka, jasa perawat lansia memberikan ketenangan pikiran. Mereka bisa yakin bahwa orang tua mereka mendapat perhatian dan perawatan yang diperlukan, bahkan ketika mereka tidak bisa berada di sana. Namun, dengan catatan bahwa anggota keluarga lainnya harus memilih layanan penyedia perawat lansia yang benar-benar profesional dan terbukti dapat dipercaya.

5. Mencegah Risiko Jatuh dan Cedera

Lansia sering kali berisiko tinggi mengalami jatuh dan cedera. Perawat lansia bisa membantu dalam mengurangi risiko ini karena selalu ada bersama pasien, apalagi yang memang sudah mengalami penurunan keseimbangan dan kemampuan gerak. Perawat akan memastikan lansia aman baik melalui pengawasan, pemasangan alat bantu di rumah, atau latihan keseimbangan dan kekuatan.

6. Menjaga Asupan Lansia

Nutrisi menjadi aspek penting pada usia lanjut. Perawat lansia dapat membantu dalam merencanakan dan mempersiapkan makanan yang sehat, sesuai dengan kebutuhan diet khusus atau kondisi kesehatan, seperti diabetes atau hipertensi

Baca Juga: Ini Kelebihan Menggunakan Layanan Home Care

banner homecare

Nah, itulah dia beberapa manfaat dan alasan kenapa Anda perlu menggunakan jasa layanan perawat lansia di rumah untuk keluarga yang tersayang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sangat penting untuk memilih jasa yang tepat agar lansia mendapatkan perawatan yang optimal dan profesional.

Untuk itu, Anda dapat memilih Caretaker.id yang sudah terbukti dan dipercaya banyak pasien dengan perawatan yang lengkap. Yuk, gunakan layanan Caretaker.id!

Sumber Referensi:

Carepartners. Diakses Januari 2024. Top 6 Benefits of In-Home Care for Seniors

Welbi. Diakses Januari 2024. Why Loneliness is as Dangerous as 15 Cigarettes a Day for Older Adults

Penulis

caretakerhomecare@gmail.com

Bagikan artikel melalui
Facebook
Twitter
Email
WhatsApp