Meningkatkan Imun Tubuh Disaat Pandemi

“Mohon informasinya, bagaimana cara kita dalam meningkatkan imunitas tubuh disaat pandemi Covid-19 saat ini. Terimakasih”

Edria Nurul Fadhilah | 

Caretaker Future Leader 2021

Disaat pandemi Covid-19 seperti ini memang seringkali membuat orang merasa khawatir dan cemas akan kondisi kesehatannya. Pasalnya, imunitas tubuh yang buruk dapat membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Maka dari itu, banyak masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya meningkatkan imunitas tubuh terutama dimasa pandemi saat ini.


Berikut beberapa tips untuk meningkatkan imunitas tubuh:


1. Olahraga Teratur
Olahraga secara teratur setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu selama 30 menit dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terinfeksi oleh virus. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga berperan dalam pencegahan infeksi Covid-19 (Tiksnadi, dkk, 2020).

 

2. Asupan Gizi yang Cukup
Salah satu cara untuk dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 adalah melalui gerakan preventif dengan cara menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Mengetahui bahwa Covid-19 adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang parah, maka sangat besar kemungkinannya bahwa kekurangan berbagai zat gizi mikro akan meningkatkan risiko terinfeksi virus ini (Sumarmi, 2020).
Maka dari itu, perlu adanya peningkatan daya tahan tubuh terhadap infeksi dengan asupan zat gizi yang cukup dan beragam, yaitu zat gizi makro dan mikro yang berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh (Gombart, Pierrre, & Maggini, 2020; Raphael, & Sordillo,2013).

 

3. Mengonsumsi Suplemen
Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan
bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kuat. Sistem imun yang kuat sangat penting bagi tubuh mencegah berbagai penyakit, terutama dimasa pandemi Covid-19 (Adams et al., 2020)

Konsumsi suplemen yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam suplemen, seperti vitamin C (sodium ascorbate), vitamin B3 (nicotinamide), vitamin B5 (dexpanthenol), vitamin B6 (pyridoxine hcl), vitamin E (alpha tocopheryl), zinc picolinate, dan sodium selenite, dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, termasuk infeksi virus Corona. Di sisi lain, vitamin B3, B5, dan B6 juga dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat sakit (Butter et al., 2020).

 

4. Istirahat dan Tidur yang Cukup
Tidur adalah salah satu usaha pemulihan kondisi tubuh agar kembali sehat dan bugar. Seseorang akan mendapatkan manfaat tidur jika dilakukan sesuai anjuran dan tidak dilakukan secara berlebihan (Hower et al., 2018).

Dapat disimpulkan bahwa tingkat aktivitas fisik dan kualitas tidur sangat penting diperhatikan khususnya dimasa pandemi Covid-19 saat ini. Penerapan pola tidur yang baik dapat memberikan manfaat secara maksimal sebab semua organ tubuh yang lelah bekerja membutuhkan waktu untuk beristirahat. Kualitas tidur yang baik dapat memperlancar proses regenerasi sel dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh (Cheikh et al., 2018).

 

 

Daftar Pustaka

  • Adams KK, Baker WL, Sobieraj DM. 2020. Myth busters: dietary supplements and COVID-19. Ann Pharmacother 2020;54:820–6.
  • Butler-Laporte G, Nakanishi T, Mooser V, et al. 2020. Vitamin D and Covid-19 Susceptibility and Severity: a Mendelian Randomization Study. medRxiv 2020;:2020.09.08.20190975. https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/jpk/article/view/131/72
  • Cheikh, M., Hammouda, O., Gaamouri, N., Driss, T., Chamari, K., Cheikh, R. Ben, Dogui, M., & Souissi, N. (2018). Melatonin ingestion after exhaustive late-evening exercise improves sleep quality and quantity, and short-term performances in teenage athletes. Chronobiology International, 00(00), 1–13. https://doi.org/10.1080/07420528.2018.1474891
  • Gombart, A. F., Pierre, A., & Maggini, S. (2020). A review of micronutrients and the immune system–working in harmony to reduce the risk of infection. Nutrients, 12(1). https://doi.org/10.3390/nu12010236. Diakses dari http://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/jphi/article/view/453/153 pada 17 Maret 2020
    Hower, I. M., Harper, S. A., & Buford, T. W. (2018). Circadian rhythms, exercise, and cardiovascular health. Journal of Circadian Rhythms, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.5334/jcr.164
  • Sumarmi, S. (2020). Kerja Harmoni Zat Gizi dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Terhadap Covid-19: Mini Review. Amerta Nutrition, 4(3), 250. https://doi.org/10.20473/amnt.v4i3.2020.250-256. Diakses dari http://jurnal.stikes-hi.ac.id/index.php/jphi/article/view/453/153 pada 17 Maret 2022
  • Tiksnadi, B. B., Sylviana, N., Cahyadi, A. I., & Undarsa, A. C. (2020). Olahraga Rutin Untuk Meningkatkan Imunitas Pasien Hipertensi Selama Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Cardiology, 41(2), 113-9. Diakses dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dharmaraflesia/article/view/13008/6840 pada 17 Maret 2022