Mitos atau Fakta Seputar Vaksinasi Covid-19

“Mau bertanya dari beredarnya berita di media sosial dikatakan bahwa jika kita sudah di vaksinasi Covid-19 tetap bisa membuat seseorang menjadi terinfeksi Covid-19, jadi saya sudah membuktikan sendiri bahwasannya hal tersebut benar padahal saya sudah 2x vaksin itu mengapa bisa terjadi? Dan jika saya sudah pernah terkena Covid-19 atau dikatakan sudah kebal terhadap infeksi tersebut haruskah saya tetap melakukan Vaksin Dosis Ketiga?”

Pertanyaan dari Syifa (30 Tahun)

Fauziah Khairunnisa Lubis | STIKES Murni Teguh Medan

Caretaker Future Leader 2021

  1. Mengapa saya masih bisa terkena Covid-19 padahal sudah 2x vaksin?

Perlu kita ketahui bahwa kekebalan tubuh seseorang pasca vaksin itu berbeda dan  vaksin memerlukan waktu hingga beberapa minggu sampai kekebalan tubuh dapat terbentuk secara sempurna untuk melawan penyebab Covid-19. Mengapa demikian? Karena saat sebelum di vaksin kita tidak tahu bagaimana kondisi tubuh kita sendiri (Misalnya : ada alergi obat, penyakit bawaan dll). Setelah di vaksin, kekebalan tubuh dapat menjadi sempurna setelah mendapatkan dosis kedua yang mana keduanya memerlukan waktu yang tidak cepat dalam merespons imunitas tubuh. Tetapi yang menjadi dasar utama adalah vaksin saja tidak cukup untuk melindungi kita dari Covid-19 oleh karena itu, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah mendapatkan vaksin (Dinar Rizki, 2021).

Menurut (Dinar Rizki, 2021) Lindungi tubuhmu dengan pencegahan penuluran Covid-19 Sebagai berikut :

  • Mencuci tangan dengan air mengalir selama 40-60 detik menggunakan sabun atau 20-30 detik dengan menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut jika tangan belum di cuci.
  • Gunakan masker dengan cara yang benar. Masker menutupi hidung dan mulut tidak digunakan di dagu, leher atau bahkan menutupi mata anda. Masker yang disarankan adalah masker 3 ply atau masker kain yang telah berstandart dan di setujui kemenkes.

 

  • Menjaga jarak paling tidak 2 meter dan hindarin kerumunan. Hal, ini bertujuan untuk menghindari diri dari droplet saat batuk dan bersin, atau saat berbicara dan tertawa dari orang-orang sekeliling kita.

  • Segeralah mandi saat tiba dirumah sehabis berpergian. Ganti baju dengan yang baru, dan pisahkan dengan pakaian kotor lain yang tidak digunakan untuk keluar rumah. Hal ini, bertujuan untuk memudahkan dalam pencucian. Karena pakaian yang digunakan dari luar rumah memiliki tata cara pencucian yang berbeda dengan dari pakaian digunakan untuk di dalam rumah.

 

  1. Apakah setelah saya sudah pernah terinfeksi Covid-19 atau sudah kebal terhadap Covid-19 dan tidak perlu di vaksin dosis berikutnya?

Tetap sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di dosis berikutnya. Karna peneliti masih belum mengetahui secara pasti sampai kekebalan tubuh seseorang pasca Covid-19 dapat bertahan lama dan jika anda pernah terinfeksi Covid-19 boleh mendapatkan vaksin dosis ketiga selama 3 bulan pasca sembuh dan bebas gejala Covid-19 namun  jika anda adalah seorang yang terinfeksi Covid-19 baru mmendapatkan vaksin dosis pertama  maka anda mendapat dosis kedua dalam jangka waktu 28 hari pasca sembuh dari Covid-19 dan bebas gejala Covid-19  (Dinar Rizki, 2021).

 

Daftar Pustaka

Dinar Rizki,dr.2021. VAKSIN COVID-19 Buku Wajib yang Perlu Kamu Tahu. Ed I. Cetakan I. Yogjakarta:Rapha Publishing