Omicron, Varian Baru Covid-19

Pertanyaan

Akhir-akhir ini kasus Covid-19 kembali melunjak dengan membawa virus varian baru. Saya ingin bertanya apakah virus varian Omicron yang baru ini sama dengan varian virus Covid-19 yang sebelumnya? Lalu apa saja gejalanya dan bagaimana cara kita agar dapat terhindar dari penularan virus tersebut. Terima kasih 

Edria Nurul Fadhilah | 


Caretaker Future Leader 2021

1. Apakah Omicron itu sama dengan varian virus Covid-19 yang sebelumnya?

Virus Omicron ini atau yang dikenal juga sebagai varian B.1.1.529 merupakan bentuk baru dari virus COVID-19, SARS-CoV-2 yang telah bermutasi. Dilansir dari covid19.go.id varian ini memiliki risiko infeksi lebih tinggi serta penularan virus yang sangat cepat. (Biomedika et al., 2021)
World Health Organization (WHO) menyatakan varian B.1.1.529 atau Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021. Situasi epidemiologis di Afrika Selatan telah ditandai oleh tiga puncak berbeda dalam kasus yang dilaporkan, yang terakhir didominasi varian Delta. (Biomedika et al., 2021)

 

2.Apa saja gejala umum pada orang yang terkena virus Omicaron?

Gejala varian Omicron ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan varian Corona sebelumnya. Adapun beberapa gejala Omicron lainnya, yaitu seperti:
– Letih
– Hidung tersumbat
– Demam
– Mual
– Napas pendek atau kesulitan bernapas
– Diare
– Anosmia atau kehilangan kemampuan indra penciuman

 

3.Apa saja anjuran bagi individu dalam upaya menurunkan penyebaran varian Omicron?

Dirangkum dari (Abarca, 2021) langkah paling efektif dalam menurunkan penyebaran virus ini adalah dengan selalu disiplin menjaga protokol kesehatan. Meskipun sudah divaksin masyarakat tetap harus menerapkan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan juga 6M :

– Memakai sabun
– Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir
– Menjaga jarak
– Menjauhi kerumunan
– Mengurangi mobilitas
– Menghindari makan bersama
Selain itu, jangan panik saat anda dinyatakan positif Covid-19, kini anda bisa melakukan perawatan isolasi mandiri dengan mendatangkan tenaga medis profesional yang akan memberikan pelayanan kesehatan berupa pendampingan bagi pasien Covid-19 yang ingin melakukan isolasi mandiri di rumah.
Caretaker merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan yang responsif dan dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Dilatar belakangi dengan tenaga medis profesional yang berpendidikan, terampil dan juga terpercaya.

 

Referensi

1.Abarca, R. M. (2021). 済無No Title No Title No Title. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
2.Biomedika, J., Kesehatan, D., & Amalia, H. (2021). Omicron penyebab COVID-19 sebagai variant of concern. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(4), 139–141. https://doi.org/10.18051/JBIOMEDKES.2021.V4.139-141