Rilis pada 12 Desember 2023

6 Vitamin untuk Lansia, Penting untuk Jaga Kesehatan Sehari-hari

Deretan Vitamin untuk Lansia

Semakin bertambahnya usia, produksi zat-zat atau hormon-hormon tertentu dalam tubuh yang penting untuk kelangsungan hidup sehari-hari menjadi kian kurang optimal. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan bantuan asupan vitamin untuk lansia agar tetap bisa memelihara kesehatan dengan baik.

Tergantung kondisi masing-masing orang, kebutuhan vitamin bisa jadi berbeda-beda. Dalam artikel ini, Caretaker.id akan merekomendasikan beberapa vitamin yang umumnya dibutuhkan lansia. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan kebutuhannya sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing, ya.

Baca Juga: Berbagai Jenis Alat Bantu Jalan untuk Lansia

Haruskah Lansia Konsumsi Vitamin?

Vitamin adalah senyawa kimia organik yang umumnya didapatkan dari makanan. Beberapa vitamin seperti vitamin D dan B3 bahkan dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, saat tubuh tidak mampu memproduksi cukup banyak apalagi karena sudah bertambah usia, maka dibutuhkan bantuan vitamin dari eksternal, seperti suplemen atau suntik. 

Mengutip Age.UK, meski konsumsi vitamin secara umum bagus untuk tubuh, tetap saja perlu bijak dalam melakukannya. Selain mahal, terlalu banyak mengonsumsi vitamin bisa jadi tidak semuanya diperlukan. Ginjal Anda hanya akan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan dan tidak diserap ke tubuh.

Sebelum mengonsumsi vitamin, ada baiknya untuk berkonsultasi dan cek dengan profesional terlebih dahulu, apalagi saat usia sudah lanjut.

Sebagai tambahan, menurut Senior Lifestyle, inilah beberapa alasan lain mengapa lansia butuh mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen atau lainnya:

  • Kurang nafsu makan
  • Tubuh sudah tidak efisien dalam menyerap nutrisi dari makanan
  • Tulang semakin rapuh
  • Obat-obatan lain yang dikonsumsi menghalangi penyerapan vitamin
  • Kekurangan paparan sinar matahari yang menurunkan kadar vitamin D dalam tubuh
  • Kesulitan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin

Nah, berikut adalah deretan vitamin yang biasanya dibutuhkan oleh lansia.

Baca Juga: Ketahui Gejala dan Pengobatan Demensia pada Lansia

Rekomendasi Vitamin untuk Lansia

1. Kalsium

Melansir National Institute on Aging, kalsium adalah salah satu mineral yang penting untuk lansia. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tulang orang yang sudah bertambah usia cenderung lebih rapuh dan dapat menyebabkan banyak masalah. Untuk menghindarinya, vitamin untuk lansia yang satu ini dapat dikonsumsi setiap hari.

Anda dapat mengonsumsi 1000-1200 mg per hari.

2. Vitamin C

Sebenarnya, vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan. Namun, tak ada salahnya untuk menambah asupan lewat vitamin dari eksternal. Rekomendasi konsumsi untuk pria adalah 90 mg, sementara untuk wanita adalah 75 mg.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 untuk lansia juga tidak kalah penting. Pasalnya, orang di atas usia 50 tahun sudah mulai mengalami kesulitan menyerap vitamin B12 yang biasanya terkandung dalam makanan.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 paling banyak ditemukan dalam ikan, kentang, dan lainnya. Namun, jika konsumsi makanan-makanan tersebut tidak sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, maka vitamin untuk lansia adalah alternatif yang bisa ditempuh.

Rekomendasi konsumsi harian B6 untuk pria di atas 51 tahun adalah 1.7 mg per hari, sementara untuk wanita adalah 1.5 mg.

5. Vitamin D

Bukan hanya kalsium, vitamin D juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang khususnya untuk lansia. Sehingga, kombinasi kedua vitamin ini akan sangat berpengaruh dalam pencegahan osteoporosis. Selain itu, Anda juga dapat menghindari risiko diabetes, penyakit jantung, dan inflamasi. 

6. Vitamin B9

Vitamin B9 untuk lansia berperan dalam mencegah penurunan fungsi otak khususnya bagi yang sudah berumur lebih dari 60 tahun. Selain itu, vitamin ini juga berperan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

Itulah dia sederet rekomendasi vitamin untuk lansia yang bisa jadi pertimbangan Anda. Tergantung dari kondisi, saran vitamin yang harus dikonsumsi dari dokter bisa berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda berkonsultasi secara rutin untuk mengetahui kondisi tubuh sendiri, ya.

Jika perlu konsultasi soal kesehatan lansia atau mendapatkan perawat lansia atau layanan home care lansia terbaik, yuk, hubungi Customer Service Caretaker.id sekarang juga dengan klik di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

National Institute on Aging. Diakses Desember 2023. Vitamins and Minerals for Older Adults.

Senior Lifestyle. Diakses Desember 2023. 5 Essential Vitamins and Supplements for Whole Senior Health

Age UK. Diakses Desember 2023. Vitamins for Older People

Content Writer dengan 4 tahun pengalaman menangani konten beragam topik di berbagai industri baik B2C dan B2B, termasuk kesehatan, bisnis, ekonomi, keuangan, dan sebagainya.
Nadiyah Rahmalia
Latest posts by Nadiyah Rahmalia (see all)

Penulis

Nadiyah Rahmalia

Content Writer dengan 4 tahun pengalaman menangani konten beragam topik di berbagai industri baik B2C dan B2B, termasuk kesehatan, bisnis, ekonomi, keuangan, dan sebagainya.

Bagikan artikel melalui
Facebook
Twitter
Email
WhatsApp