Rilis pada 18 Desember 2023

Inilah Prosedur Infus Vitamin untuk Meningkatkan Kesehatan

Prosedur infus vitamin

Infus vitamin dan booster bisa jadi solusi masalah kesehatan atau untuk sekadar menambah daya tahan tubuh seseorang. Mungkin, Anda sudah merasa tertarik untuk mencobanya.

Namun, sebelum memutuskan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu seluk-beluk serta prosedur infus vitamin yang nanti akan dihadapi. Simak artikelnya di sini!

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Infus dan Injeksi Vitamin

Apa Itu Infus Vitamin?

Infus vitamin adalah prosedur pemberian vitamin dan nutrisi lainnya secara langsung ke dalam aliran darah melalui intravena (IV). Mengutip WebMD, prosedur ini secara medis disebut sebagai intravenous nutrient therapies (IVNT). Hal ini sudah populer di AS, dan kini semakin mudah pula diakses di Indonesia. 

Infus vitamin melibatkan penggunaan jarum dan selang khusus untuk menyuntikkan campuran vitamin dan mineral ke dalam pembuluh darah. Infus vitamin digunakan ketika seseorang membutuhkan suplemen nutrisi secara cepat atau ketika penyerapan nutrisi melalui saluran pencernaan terhambat.

Proses ini biasanya dilakukan di bawah pengawasan tenaga medis di rumah sakit, klinik, atau fasilitas medis lainnya. 

Siapa yang Butuh Infus Vitamin?

Secara umum, berikut adalah kondisi-kondisi di mana seseorang mungkin membutuhkan infus vitamin dan juga booster:

1. Kondisi kesehatan yang memerlukan suplemen cepat

Beberapa kondisi kesehatan, seperti malnutrisi atau penyakit tertentu, dapat memerlukan penyerapan nutrisi dengan cepat. Infus vitamin dapat memberikan nutrisi langsung ke dalam darah tanpa melalui saluran pencernaan.

2. Pemulihan pascaoperasi

Pasien yang menjalani operasi sering kali memerlukan dukungan nutrisi tambahan selama masa pemulihan. Infus vitamin dapat membantu memastikan kecukupan nutrisi selama periode ini.

3. Keadaan medis khusus

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti gangguan penyerapan nutrisi dari saluran pencernaan, dapat memerlukan pendekatan non-oral untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Apakah Infus Vitamin Efektif untuk Menjaga Kesehatan Tubuh?

Manfaat Infus Vitamin

Tergantung jenis nutrisi yang diinfus ke dalam tubuh seseorang, manfaat yang dirasakan tentu akan berbeda-beda. Namun, menurut Health.com, infus vitamin secara umum membantu mengurangi defisiensi nutrisi pada seseorang. Opsi ini juga jadi pilihan bagus apabila kesulitan untuk mengonsumsi suplemen vitamin secara oral.

Jika mendapatkan infus vitamin, beberapa kondisi yang dapat terbantu:

  • Kelelahan
  • Diabetes
  • Asma
  • Depresi dan gangguan cemas
  • Migrain
  • Dehidrasi
  • Masalah jantung
  • Infeksi
  • Brain fog/Kesulitan berpikir
  • dan lain lain

Prosedur Infus Vitamin

Penting untuk dicatat, prosedur infus vitamin harus dilakukan oleh profesional medis yang berpengalaman dan tidak boleh dilakukan sembarangan. 

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam prosedur infus vitamin:

1. Evaluasi kesehatan

Sebelum infus vitamin dimulai, pasien akan dievaluasi secara menyeluruh oleh tenaga medis untuk memastikan bahwa infus ini sesuai dengan kebutuhan kesehatan pasien. Ini mungkin melibatkan pemeriksaan fisik, riwayat medis, dan tes laboratorium.

2. Penentuan campuran infus:

Berdasarkan kebutuhan spesifik pasien, tenaga medis akan menentukan campuran vitamin, mineral, elektrolit, atau zat nutrisi lainnya yang akan disuntikkan ke dalam aliran darah.

3. Persiapan pasien

Pasien akan diberi tahu tentang prosedur dan tujuan infus vitamin. Biasanya, pasien akan diminta untuk berpuasa atau mengikuti instruksi khusus sebelum prosedur.

4. Pemasangan jarum dan selang intravena (IV):

Saat waktunya untuk infus vitamin, sebuah jarum khusus akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah pasien, biasanya pada vena di lengan atau tangan. Selang IV akan terhubung ke jarum ini, memungkinkan nutrisi untuk mengalir langsung ke dalam aliran darah.

5. Pemantauan selama infus

Pasien akan dipantau dengan cermat selama prosedur infus. Ini mencakup pemantauan tekanan darah, detak jantung, dan gejala lainnya. Jika ada reaksi negatif atau efek samping, tindakan dapat diambil dengan cepat.

6. Pemantauan pasca-infus

Setelah infus selesai, jarum dan selang IV akan dilepaskan. Pasien dapat dipantau untuk memastikan tidak ada efek samping atau reaksi yang muncul setelah prosedur.

Baca Juga: Perbedaan Suntik Vitamin C dan Suntik Putih, Perlu Diketahui!

Apabila Anda belum pernah berkonsultasi dengan profesional terkait prosedur infus vitamin yang diinginkan, Anda dapat melakukannya dengan menghubungi Caretaker.id. Di Caretaker.id, Anda bisa menikmati layanan konsultasi dokter umum maupun spesialis sekaligus layanan infus dan jasa suntik vitamin langsung di rumah. Jadi, Anda tak harus repot-repot pergi ke klinik atau Rumah Sakit sekalipun untuk layanan suntik vitamin.

Praktis, bukan? Klik di bawah ini untuk pesan layanan infus dan suntik vitamin ke rumah sekarang juga!

Sumber Referensi:

WebMD. Diakses Pada Desember 2023. IV Vitamin Therapy: Does It Work?

Health. Diakses Pada Desember 2023. What Is IV Vitamin Therapy—Anda Should You Try It?

Content Writer dengan 4 tahun pengalaman menangani konten beragam topik di berbagai industri baik B2C dan B2B, termasuk kesehatan, bisnis, ekonomi, keuangan, dan sebagainya.
Nadiyah Rahmalia
Latest posts by Nadiyah Rahmalia (see all)

Penulis

Nadiyah Rahmalia

Content Writer dengan 4 tahun pengalaman menangani konten beragam topik di berbagai industri baik B2C dan B2B, termasuk kesehatan, bisnis, ekonomi, keuangan, dan sebagainya.

Bagikan artikel melalui
Facebook
Twitter
Email
WhatsApp