Rilis pada 7 Desember 2023

Berbagai Jenis Alat Bantu Jalan untuk Lansia dan Tips Memilihnya

Kruk bersender ke tembok putih.

Ada banyak alat bantu berjalan yang didesain untuk para lansia yang memiliki masalah dalam bergerak. Semakin bertambahnya usia, kemungkinan terjatuh semakin bertambah karena penurunan fungsi tubuh. Hanya saja, hal tersebut dapat diminimalisir dengan penggunaan alat bantu jalan untuk lansia.

Dengan menggunakan alat bantu mobilitas, lansia memiliki keamanan dan dukungan ketika bergerak. Namun, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih alat bantu jalan yang tepat untuk lansia. Selengkapnya, ketahui tentang berbagai jenis alat bantu jalan untuk lansia dan tipsnya di sini!

Jenis-Jenis Alat Bantu Jalan Lansia

Berbagai jenis alat bantu jalan lansia yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan adalah sebagai berikut:

1. Tongkat Jalan (Canes)

Tongkat adalah alat bantu jalan yang umum digunakan. Seiring bertambahnya usia, kemampuan keseimbangan tubuh semakin berkurang, dengan tongkat jalan lansia dapat menjaga stabilitas ketika berjalan dan mengurangi ketegangan pada kaki.

Model Tongkat Jalan

Adapun, tongkat jalan memiliki beberapa model yang disesuaikan dengan kondisi lansia atau pengguna, yaitu:

Tongkat Jalan Empat Kaki (Quad Canes)

Jenis tongkat yang satu ini memiliki empat kaki di bagian bawah yang menawarkan fungsi stabilitas yang baik. Ini menjadikan alat bantu jalan yang satu ini sangat bagus bagi para lansia yang memiliki masalah keseimbangan parah. Hanya saja, kekurangan dari tongkat ini adalah lebih berat daripada jenis tongkat jalan lainnya.

Tongkat Jalan Standar (Standard Canes)

Meskipun tongkat standar tidak menawarkan stabilitas lebih banyak daripada tongkat empat kaki, tongkat ini tidak memiliki bobot yang berat. Ini adalah pilihan tepat bagi para lansia yang memiliki masalah di tubuh bagian atas.

Tongkat jenis standar juga bisa memudahkan lansia untuk menavigasi ruangan ataupun tangga. Dari sisi biaya, tongkat standar cenderung lebih murah dibandingkan tongkat kaki empat.

banner homecare

Cara Memilih Tongkat Jalan yang Tepat

Dalam memilih tongkat jalan, Anda perlu memikirkan tentang:

  • Pastikan panjang tongkat jalan sesuai dengan pengguna
  • Pastikan pegangan tongkat terasa nyaman untuk pengguna
  • Pastikan tongkat jalan nyaman untuk pengguna. Cek kenyamanan penggunaan tongkat dengan tes berjalan dan menaiki tangga.
  • Pastikan ujung karet tongkat mencengkeram lantai seperti tapak ban mobil di jalan. 

2. Kruk (Crutches)

Kruk bekerja seperti tongkat jalan yakni dengan mengambil beban dari kaki dan memindahkan sebagian ke tubuh bagian atas. Cara kerja kruk lebih rumit dan tidak praktis dibandingkan tongkat jalan. Akan tetapi, kruk biasanya digunakan bagi yang memiliki cedera di bagian kaki.

Adapun, kruk biasanya digunakan hanya sementara. Apabila kondisi cedera sudah membaik, ada pilihan alat bantu jalan yang lebih praktis lagi.

3. Walker

Walker dapat memudahkan para lansia yang memiliki permasalahan keseimbangan, radang sendi, kelemahan kaki, hingga cedera. Alat bantu ini menawarkan stabilitas paling tinggi dibandingkan alat bantu jalan lainnya

Walker umumnya memiliki empat kaki dengan ujung karet dan tidak memiliki roda. Hanya saja, sekarang ini walker memiliki berbagai bentuk yang disesuaikan dengan pengguna. Anda dapat menemukan walker yang memiliki roda sebagai alat bantu untuk bergerak yang terkenal dengan sebutan rollator.

Cara Memilih Walker yang Tepat

  • Anda perlu memastikan bahan pegangan walker nyaman untuk dicengkeram. Anda dapat memperimbangkan pegangan busa untuk menghindari keringat agar tidak tergelincir ketika berjalan.
  • Ukur walker agar sesuai dengan lengan pengguna untuk mengurangi beban pada bahu dan punggung. Anda dapat memeriksa ketinggian yang tepat dengan memeriksa tikungan siku dan tinggi pergelangan tangan.
  • Cek kenyamanan penggunaan walker dengan berjalan menggunakan walker.

Itulah berbagai jenis alat bantu jalan untuk lansia. Pastikan Anda atau orang terkasih mendapatkan alat bantu mobilisasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi. Penggunaan alat bantu jalan yang tepat akan mengurangi resiko cedera tubuh di bagian lainnya, sehingga gunakanlah sesuai dengan standar.

Lakukan konsultasi dengan dokter untuk menemukan perangkat bantu jalan yang tepat untuk lansia. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter profesional dengan mudah di Caretaker.id. Di platform ini, Anda juga bisa mendapatkan perawat lansia ke rumah untuk perawatan kesehatan lansia terbaik dan nyaman.

Hubungi Caretaker.id untuk mendapatkan jasa layanan home care lansia sekarang juga!

Sumber Referensi:

National Health Service. Diakses pada Desember 2023. Walking Aids, wheelchairs and mobility scooters.

American Academy of Orthopaedic Surgeons. Diakses pada Desember 2023. How to Use Crutches, Canes, and Walkers

Mayo Clinic. Diakses pada Desember 2023. Tips for choosing and using walkers.

2 years in SEO writing and journalism. Expert in crafting engaging and informational content for digital visibility.
Melly Yustin Aulia

Penulis

Melly Yustin Aulia

2 years in SEO writing and journalism. Expert in crafting engaging and informational content for digital visibility.

Bagikan artikel melalui
Facebook
Twitter
Email
WhatsApp